Senin, 16 Januari 2012

PROFIL SERKOLAH


BAB I
PROFIL SEKOLAH

1.1    SEJARAH SEKOLAH POS PAUD SEDAP MALAM 41
Pada mulanya sekolah dengan nama POS PAUD SEDAP MALAM 41 bukan merupakan sekolah dengan sistem sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) pada umumnya yang memiliki guru, kurikulum, sarana dan prasarana yang memadai. Melainkan, pendidikan yang hanya memiliki beberapa pendidik untuk mengajarkan membaca dan menulis baik sebagai bekal di Sekolah Dasar (SD) dan membaca Al-quran. Kegiatan ini dirintis sejak tahun 2002, dan berada  di bawah naungan Yayasan Masjid An-Nur dengan nama sekolah Pendidikan Pra Sekolah .
Pada awal 2010, kami para pendidik mendapat kesempatan untuk mendapatkan ijin untuk mengadakan sekolah dengan sistem pendidikan anak usia dini di bawah lindungan PKK Desa kertosari. Pada tahun yang bersamaan, kami juga mendapat bantuan pendirian sekolah dari PNPM di atas tanah hibah milik desa, mengingat kegiatan kami berada di masjid yang tidak memadai untuk melakukan kegiatan pendidikan.

Dengan adanya tempat atau sekolah yang memadai, kami pihak pengelola berusaha untuk memiliki kualitas baik internal dan eksternal untuk menunjang kualitas alumni yang mampu menghadapi pendidikan pada jenjang selanjutnya. Karena pendidikan di usia dini merupakan pendidikan yang memiliki peranan penting dalam membentuk pengetahuan, kreativitas, ketrampilan, kemandirian, pembentukan dan pengajaran moral, dan kesiapan mental anak untuk menempuh pendidikan selanjutnya dan bekal dalam hidup bermasyarakat.

1.2    PROFIL SEKOLAH POS PAUD SEDAP MALAM 41
POS PAUD Sedap Malam 41 merupakan salah satu lembaga pelayanan pendidikan anak usia dini yang menampung warga Dusun Gempal Desa Kertosari Kecamatan Pakusari dan beberapa masyarakat Desa Kertosari secara umum. POS PAUD Sedap Malam 41 ini menampung anak didik yang berasal dari keluarga tidak mampu, sehingga kami beriktikad untuk melakukan pendidikan dengan biaya terjangkau atau bahkan gratis.
Letak geografis lembaga ini berada di sebelah Sekolah Dasar Kertosari III. Tanah tersebut berasal dari hibah Desa kepada lembaga. Dengan demikian, secara tidak langsung lembaga ini memberi keuntungan bagi pihak Sekolah Dasar Kertosari III untuk membekali calon siswanya untuk mendapatkan pendidikan sebelum masuk sekolah, yang biasanya tidak terjadi pada tahun sebelumnya.
Memahami sangat besar manfaat lembaga kami untuk pihak sekolah dasar dan msasyarakat secara umum, maka kami meminta bantuan dari berbagai pihak agar niat tulus para pendidik dapat terlaksana untuk meningkatkan kesadaran pendidikan dan penanaman moral sejak dini. Hal itu didasari pada pengaruh dan komitmen pendidikan usia dini merupakan pendidikan awal yang menentukan keberhasilan pendidikan pada jenjang selanjutnya.
Pelayanan yang disajikan lembaga ini adalah permainan, pendidikan secara formal, kesehatan dan gizi yang saling berkesinambungan. Hal itu diarahkan untuk perbaikan dan kemajuan pertumbuhan dan pengembangan dalam kelansungan hidup anak usia dini. Pelayanan tersebut didasarkan pada kesadaran pendidik pada POS PAUD Sedap Malam 41 akan kemiskinan dan kurangnya kesadaram pendidikan pada masyarakat sekitar.
Melihat situasi dan kondisi lembaga yang baru berdiri secara formal, masih banyak keperluan dana untuk operasional sekolah dan kebutuhan alat permainan pada lembaga ini. Oleh karena itu, lembaga ini mengharapkan bantuan-bantuan tersebut untuk kelancaran proses kegiatan belajar mengajar pendidikan usia dini.

1.3    VISI DAN MISI
1.4  STRUKTUR POS PAUD SEDAP MALAM 41
PENYELENGGARA: Ny. S U D J O NO
PENGELOLA:  FITRI AMILIA, S.S.
      GURU   -  GURU  
              SISWA
 


1.5   PROFIL GURU
Nama
Jenis kelamin
Tempat, tanggal lahir
Pendidikan
Keterangan
Fitri Amilia
P
Jember, 25 Juni 1985
S1
Pengelola
Dina Lestari P.
P
Jember,  6 Juli 1985
S1
Waka kurikulum
Rini Yunita Fatin
P
Jember, 6 Juni 1986
S1
TU
Siti Annisah
P
Banyuwangi, 25 Desember 1984
SMA
Bendahara
Erfina Wulan Dari
P
Jember, 2 Desember 1983
SMA
Sekretaris























BAB II
KURIKULUM SEKOLAH

2.1 STRUKTUR KURIKULUM SEKOLAH
2.1.1 Struktur Kurikulum Program
            Struktur kurikulum program memuat beberapa hal  yaitu mata pelajaran, persentase KBM dan jumlah jam pelajaran. Ketiga pokok tersebut diuraikan masing-masing berikut ini.
2.1.1.1 Mata Pelajaran
Hari
Mata Pelajaran
Keterangan
Senin
Ketrampilan kognitif dan berbahasa
Menggambar sendiri, mewarnai, mengenal huruf
Selasa
Berhitung
Mengenal bentuk dan menghitung jumlah
Rabu
Pendidikan agama
Latihan shalat beserta bacaan shalat dan membaca Alquran
Kamis
Ketrampilan kognitif dan berbahasa
Menggambar, membaca, mengenal huruf
Jumat
Kemampuan olah fisik dan motorik, Olah raga dan pendidikan seni
Senam ceria dan bernyanyi dengan musik

2.1.1.2 Persentase KBM




2.1.1.3 Jumlah Jam Pelajaran
            Kegiatan belajar mengajar di lakukan setiap hari mulai pukul 07.30—10.00 setiap hari Senin, Selasa, rabu, Kamis, dan jumat. Untuk  kategori usia 4—6 tahun, kegiatan belajar mengajar sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Sedangkan kategori usia 2—4 tahun, kegiatan belajaran mengajar dimulai jam 07.30—10.00 setiap hari Senin, Selasa, rabu, dan jumat. 
Pada kategori usia 6 tahun, ada tambahan les membaca, menulis  dan berhitung pada pukul 10.00—10.30 pada hari Senin, Selasa, Rabu, dan kamis. Les tersebut dilakukan berdasarkan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah lima—enam orang setiap harinya sebagai materi tambahan. Hal ini diutamakan bagi siswa yang mengalami kesulitan beradaptasi dengan teman dan materi pelajaran yang sulit diterima.

2.1.2 Acuan Pengembangan Kurikulum
            Kurikulum yang dipakai di POS PAUD Sedap Malam 41 berdasarkan pada peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomo 58 tahun 2009 Tentang standar Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan tersebut mengenai beberapa hal berikut.
1)      pengelompokan usia anak
2)      standar tingkat pencapaian perkembangan anak berdasarkan kelompok-kelompok tertentu
3)      standar pendidik dan tenaga kependidikan
4)       standar isi, proses dan penilaian dari kegiatan belajar
5)      standar sarana ddan prasarana, pengelolaan dan pembiayaan.

2.1.3 Peninjauan atau Perubahan Kurikulum
            Perubahan kurikulum tentu akan mengacu pada kurikulum yang ditentukan oleh peraturan pemerintah melalui Dinas Pendidikan. Hal ini tertuang dalam menu generik yang ada pada pembelajaran untuk anak usia dini.
            Selain itu, sekolah juga dapat melakukan perubahan kurikulum untuk menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan siswa. Karena tolak ukur dari sebuah kurikulum adalah siswa, perubahan pada siswa kea rah yang baik, dan tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

2.1.4 Frekuensi Peninjauan atau Perubahan Kurikulum
            Perubahan kurikulum tidak selalu ada. Ukuran perubahan tersebut diletakkan pada kebutuhan siswa dan kemampuan siswa. Kebutuhan dan kemampuan siswa pasti berbeda antara satu tempat dan tempat lainnya. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor baik faktor ekonomi, sosial-budaya, keturunan, dan lain sebagainya.





2.2 BEBAN BELAJAR
            Jumlah jam belajar dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. Kegiatan dilakukan setiap hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat mulai jam 07.30—10.00.
Hari
Mata Pelajaran
Keterangan
Senin
Ketrampilan kognitif dan berbahasa
Menggambar sendiri, mewarnai, mengenal huruf
Selasa
Berhitung
Mengenal bentuk dan menghitung jumlah
Rabu
Pendidikan agama
Latihan shalat beserta bacaan shalat dan membaca Alquran
Kamis
Ketrampilan kognitif dan berbahasa
Menggambar, membaca, mengenal huruf
Jumat
Kemampuan olah fisik dan motorik, Olah raga dan pendidikan seni
Senam ceria, bernyanyi dengan music, Menggambar dengan pola-pola tertentu


2.3 KALENDER PENDIDIKAN
            Kalender pendidikan setiap mengalami perubahan sesuai dengan kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. Selain itu, kalender pendidikan bersifat dinamis, sesuai dengan kondisi lingkungan, pendidik, dan peserta didik.

2.4 TEMATIK KURIKULUM SEKOLAH
Tematik kurikulum sekolah adalah tema-tema yang diajarkan sesuai dengan kurikulum sekolah. Tema ini dibagi menjadi dua semester yaitu tema semester satu yang disajikan semester satu dan tema di semester dua. Penjabaran masing-masing tema adalah sebagai berikut.
2.4.1 SEMESTER 1
1) AKU
a)      Identitas diri (misal: nama, usia, jenis kelamin, nama ayah dan ibu, alamat rumah)
b)      Anggota tubuh (misal: kepala, tangan, kaki, dan lain-lain)
c)      Ciri-ciri tubuh (misal: warna kulit, rambut, bentuk badan, dan lain-lain)
d)     Kesukaan (misal: makanan, warna, pakaian, kegiatan dan lain-lain)
2) PANCA INDRA
a)      Alat macam indra (mata, telinga, hidung, kulit, dan lidah)
b)      Fungsi alat indra (mata untuk melihat, dan lainnya)
c)      Macam-macam rasa (misal: pahit, manis, asam, asin, dan lainnya)
d)     Macam-macam perabaan (misal: kasar, halus, tajam, panas, dingin)
e)      Macam-macam pembauan (misal: harum, busuk, amis, dan lainnya)
f)       Macam-macam suara (misal: keras, lembut, melengking, nyaring, dan lainnya)
g)      Macam-macam penglihatan (misal: jelas, buram, jauh, dekat, silau, gelap, terang, samar)
3) KESUKAANKU
a)      Makanan dan minuman kesukaan
b)      Warna kesukaaan
c)      Hobi (misal: main boneka, jalan-jalan, main sepeda, dan lainnya)
4) KELUARGAKU
a)      Anggota keluarga (misal: ayah, ibu, kakak, adik, nenek, kakek, paman, bibi)
b)      Fungsi/tugas tiap-tiap anggota kelurga (misal: ayah mencari nafkah)
c)      Kebiasaan dalam keluarga (misal: sehari-hari: ibu memasak dan ayah bekerja ke sawah, sewaktu-waktu: pergi rekreasi ke laut bersama-sama)
d)     Tata tertib dalam keluarga (misal: bila pergi, berpamitan pada ibu terlebih dahulu)
e)      Binatang peliharaan keluarga  (disesuaikan dengan yang ada di rumah)
5) RUMAH
a)      Fungsi/kegunaan rumah (misal:untuk berlindung, melindungi diri dari panas dan hujan, tempat beristirahat, tempat berkumpul keluarga, dan lainnya)
b)      Macam-macam rumah dilihat dari bahan pembuatannya (misal: dibuat dari bambu, kayu, batu, dan lainnya)
c)      Jenis-jenis rumah:
-  rumat tempat tinggal
-  istana
-  tempat ibadah : sesuai dengan agama
-  rumah adat: rumah joglo, rumah panggung
-  tempat berobat: rumah sakit, puskesmas, poliklinik, praktek dokter
-  rumah untuk binatang: sangkar, kandang
-  kantor
d)     bagian bagian rumah (pintu, jendela, atap, ruang tamu, garasi, kamar mandi, kamar tidur dan kegunaan masing-masing)
e)      alatalat perkakas di dalam rumah (miasl: kursi, meja, taplak, kasur, dipan, pisau, kompor, lemari, dan lainnya serta kegunaan masing-masing)
f)       lingkungan rumah (misal: kebun, halaman, tetangga, warung)
6) SEKOLAH


2.4.2 SEMESTER II
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar