BAB
I
PROFIL
SEKOLAH
1.1
SEJARAH
SEKOLAH POS PAUD SEDAP MALAM 41
Pada mulanya
sekolah dengan nama POS PAUD SEDAP MALAM 41 bukan merupakan sekolah dengan
sistem sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) pada umumnya yang memiliki
guru, kurikulum, sarana dan prasarana yang memadai. Melainkan, pendidikan yang
hanya memiliki beberapa pendidik untuk mengajarkan membaca dan menulis baik
sebagai bekal di Sekolah Dasar (SD) dan membaca Al-quran. Kegiatan ini dirintis
sejak tahun 2002, dan berada di bawah
naungan Yayasan Masjid An-Nur dengan nama sekolah Pendidikan Pra Sekolah .
Pada awal 2010,
kami para pendidik mendapat kesempatan untuk mendapatkan ijin untuk mengadakan
sekolah dengan sistem pendidikan anak usia dini di bawah lindungan PKK Desa
kertosari. Pada tahun yang bersamaan, kami juga mendapat bantuan pendirian
sekolah dari PNPM di atas tanah hibah milik desa, mengingat kegiatan kami
berada di masjid yang tidak memadai untuk melakukan kegiatan pendidikan.
Dengan adanya
tempat atau sekolah yang memadai, kami pihak pengelola berusaha untuk memiliki
kualitas baik internal dan eksternal untuk menunjang kualitas alumni yang mampu
menghadapi pendidikan pada jenjang selanjutnya. Karena pendidikan di usia dini
merupakan pendidikan yang memiliki peranan penting dalam membentuk pengetahuan,
kreativitas, ketrampilan, kemandirian, pembentukan dan pengajaran moral, dan
kesiapan mental anak untuk menempuh pendidikan selanjutnya dan bekal dalam
hidup bermasyarakat.
1.2
PROFIL
SEKOLAH POS PAUD SEDAP MALAM 41
POS
PAUD Sedap Malam 41 merupakan salah satu lembaga pelayanan pendidikan anak usia
dini yang menampung warga Dusun Gempal Desa Kertosari Kecamatan Pakusari dan
beberapa masyarakat Desa Kertosari secara umum. POS PAUD Sedap Malam 41 ini
menampung anak didik yang berasal dari keluarga tidak mampu, sehingga kami
beriktikad untuk melakukan pendidikan dengan biaya terjangkau atau bahkan
gratis.
Letak
geografis lembaga ini berada di sebelah Sekolah Dasar Kertosari III. Tanah
tersebut berasal dari hibah Desa kepada lembaga. Dengan demikian, secara tidak
langsung lembaga ini memberi keuntungan bagi pihak Sekolah Dasar Kertosari III
untuk membekali calon siswanya untuk mendapatkan pendidikan sebelum masuk
sekolah, yang biasanya tidak terjadi pada tahun sebelumnya.
Memahami
sangat besar manfaat lembaga kami untuk pihak sekolah dasar dan msasyarakat
secara umum, maka kami meminta bantuan dari berbagai pihak agar niat tulus para
pendidik dapat terlaksana untuk meningkatkan kesadaran pendidikan dan penanaman
moral sejak dini. Hal itu didasari pada pengaruh dan komitmen pendidikan usia
dini merupakan pendidikan awal yang menentukan keberhasilan pendidikan pada
jenjang selanjutnya.
Pelayanan
yang disajikan lembaga ini adalah permainan, pendidikan secara formal,
kesehatan dan gizi yang saling berkesinambungan. Hal itu diarahkan untuk
perbaikan dan kemajuan pertumbuhan dan pengembangan dalam kelansungan hidup
anak usia dini. Pelayanan tersebut didasarkan pada kesadaran pendidik pada POS
PAUD Sedap Malam 41 akan kemiskinan dan kurangnya kesadaram pendidikan pada
masyarakat sekitar.
Melihat
situasi dan kondisi lembaga yang baru berdiri secara formal, masih banyak
keperluan dana untuk operasional sekolah dan kebutuhan alat permainan pada lembaga
ini. Oleh karena itu, lembaga ini mengharapkan bantuan-bantuan tersebut untuk
kelancaran proses kegiatan belajar mengajar pendidikan usia dini.
1.3
VISI
DAN MISI
1.4 STRUKTUR POS PAUD SEDAP MALAM 41
PENYELENGGARA: Ny. S U D
J O NO
|
PENGELOLA: FITRI
AMILIA, S.S.
|
GURU -
GURU
|
SISWA
|
1.5
PROFIL GURU
Nama
|
Jenis kelamin
|
Tempat, tanggal lahir
|
Pendidikan
|
Keterangan
|
Fitri Amilia
|
P
|
Jember, 25 Juni 1985
|
S1
|
Pengelola
|
Dina Lestari P.
|
P
|
Jember, 6 Juli 1985
|
S1
|
Waka kurikulum
|
Rini Yunita Fatin
|
P
|
Jember, 6 Juni 1986
|
S1
|
TU
|
Siti Annisah
|
P
|
Banyuwangi, 25 Desember 1984
|
SMA
|
Bendahara
|
Erfina Wulan Dari
|
P
|
Jember, 2 Desember 1983
|
SMA
|
Sekretaris
|
BAB
II
KURIKULUM
SEKOLAH
2.1 STRUKTUR KURIKULUM SEKOLAH
2.1.1
Struktur Kurikulum Program
Struktur
kurikulum program memuat beberapa hal
yaitu mata pelajaran, persentase KBM dan jumlah jam pelajaran. Ketiga
pokok tersebut diuraikan masing-masing berikut ini.
2.1.1.1
Mata Pelajaran
Hari
|
Mata
Pelajaran
|
Keterangan
|
Senin
|
Ketrampilan kognitif dan berbahasa
|
Menggambar sendiri, mewarnai, mengenal huruf
|
Selasa
|
Berhitung
|
Mengenal bentuk dan menghitung jumlah
|
Rabu
|
Pendidikan agama
|
Latihan shalat beserta bacaan shalat dan membaca Alquran
|
Kamis
|
Ketrampilan kognitif dan berbahasa
|
Menggambar, membaca, mengenal huruf
|
Jumat
|
Kemampuan olah fisik dan motorik, Olah raga dan pendidikan seni
|
Senam ceria dan bernyanyi dengan musik
|
2.1.1.2
Persentase KBM
2.1.1.3
Jumlah Jam Pelajaran
Kegiatan belajar mengajar di lakukan
setiap hari mulai pukul 07.30—10.00 setiap hari Senin, Selasa, rabu, Kamis, dan
jumat. Untuk kategori usia 4—6 tahun,
kegiatan belajar mengajar sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Sedangkan
kategori usia 2—4 tahun, kegiatan belajaran mengajar dimulai jam 07.30—10.00
setiap hari Senin, Selasa, rabu, dan jumat.
Pada
kategori usia 6 tahun, ada tambahan les membaca, menulis dan berhitung pada pukul 10.00—10.30 pada
hari Senin, Selasa, Rabu, dan kamis. Les tersebut dilakukan berdasarkan
kelompok-kelompok kecil dengan jumlah lima—enam orang setiap harinya sebagai
materi tambahan. Hal ini diutamakan bagi siswa yang mengalami kesulitan
beradaptasi dengan teman dan materi pelajaran yang sulit diterima.
2.1.2 Acuan Pengembangan Kurikulum
Kurikulum yang dipakai di POS PAUD
Sedap Malam 41 berdasarkan pada peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik
Indonesia nomo 58 tahun 2009 Tentang standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Peraturan tersebut mengenai beberapa hal berikut.
1) pengelompokan usia anak
2) standar tingkat pencapaian perkembangan anak berdasarkan
kelompok-kelompok tertentu
3) standar pendidik dan tenaga kependidikan
4) standar isi,
proses dan penilaian dari kegiatan belajar
5) standar sarana ddan prasarana, pengelolaan dan
pembiayaan.
2.1.3 Peninjauan atau Perubahan Kurikulum
Perubahan kurikulum tentu akan mengacu pada kurikulum
yang ditentukan oleh peraturan pemerintah melalui Dinas Pendidikan. Hal ini
tertuang dalam menu generik yang ada pada pembelajaran untuk anak usia dini.
Selain itu, sekolah juga dapat
melakukan perubahan kurikulum untuk menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan
siswa. Karena tolak ukur dari sebuah kurikulum adalah siswa, perubahan pada
siswa kea rah yang baik, dan tercapainya tujuan pembelajaran yang telah
ditentukan.
2.1.4 Frekuensi Peninjauan atau Perubahan Kurikulum
Perubahan kurikulum tidak selalu
ada. Ukuran perubahan tersebut diletakkan pada kebutuhan siswa dan kemampuan
siswa. Kebutuhan dan kemampuan siswa pasti berbeda antara satu tempat dan
tempat lainnya. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor baik faktor ekonomi, sosial-budaya,
keturunan, dan lain sebagainya.
2.2 BEBAN BELAJAR
Jumlah jam belajar dilakukan sesuai
dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. Kegiatan dilakukan setiap hari
Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat mulai jam 07.30—10.00.
Hari
|
Mata
Pelajaran
|
Keterangan
|
Senin
|
Ketrampilan kognitif dan berbahasa
|
Menggambar sendiri, mewarnai, mengenal huruf
|
Selasa
|
Berhitung
|
Mengenal bentuk dan menghitung jumlah
|
Rabu
|
Pendidikan agama
|
Latihan shalat beserta bacaan shalat dan membaca Alquran
|
Kamis
|
Ketrampilan kognitif dan berbahasa
|
Menggambar, membaca, mengenal huruf
|
Jumat
|
Kemampuan olah fisik dan motorik, Olah raga dan pendidikan seni
|
Senam ceria, bernyanyi dengan music, Menggambar dengan pola-pola
tertentu
|
2.3 KALENDER PENDIDIKAN
Kalender pendidikan setiap mengalami
perubahan sesuai dengan kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas
Pendidikan Kabupaten Jember. Selain itu, kalender pendidikan bersifat dinamis,
sesuai dengan kondisi lingkungan, pendidik, dan peserta didik.
2.4 TEMATIK KURIKULUM
SEKOLAH
Tematik
kurikulum sekolah adalah tema-tema yang diajarkan sesuai dengan kurikulum
sekolah. Tema ini dibagi menjadi dua semester yaitu tema semester satu yang
disajikan semester satu dan tema di semester dua. Penjabaran masing-masing tema
adalah sebagai berikut.
2.4.1 SEMESTER 1
1) AKU
a)
Identitas diri (misal:
nama, usia, jenis kelamin, nama ayah dan ibu, alamat rumah)
b) Anggota
tubuh (misal: kepala, tangan, kaki, dan lain-lain)
c) Ciri-ciri
tubuh (misal: warna kulit, rambut, bentuk badan, dan lain-lain)
d)
Kesukaan (misal:
makanan, warna, pakaian, kegiatan dan lain-lain)
2) PANCA INDRA
a)
Alat macam indra (mata,
telinga, hidung, kulit, dan lidah)
b) Fungsi
alat indra (mata untuk melihat, dan lainnya)
c) Macam-macam
rasa (misal: pahit, manis, asam, asin, dan lainnya)
d) Macam-macam
perabaan (misal: kasar, halus, tajam, panas, dingin)
e) Macam-macam
pembauan (misal: harum, busuk, amis, dan lainnya)
f) Macam-macam
suara (misal: keras, lembut, melengking, nyaring, dan lainnya)
g)
Macam-macam penglihatan
(misal: jelas, buram, jauh, dekat, silau, gelap, terang, samar)
3) KESUKAANKU
a)
Makanan dan minuman
kesukaan
b) Warna
kesukaaan
c)
Hobi (misal: main
boneka, jalan-jalan, main sepeda, dan lainnya)
4) KELUARGAKU
a)
Anggota keluarga
(misal: ayah, ibu, kakak, adik, nenek, kakek, paman, bibi)
b) Fungsi/tugas
tiap-tiap anggota kelurga (misal: ayah mencari nafkah)
c) Kebiasaan
dalam keluarga (misal: sehari-hari: ibu memasak dan ayah bekerja ke sawah,
sewaktu-waktu: pergi rekreasi ke laut bersama-sama)
d) Tata
tertib dalam keluarga (misal: bila pergi, berpamitan pada ibu terlebih dahulu)
e)
Binatang peliharaan
keluarga (disesuaikan dengan yang ada di
rumah)
5) RUMAH
a)
Fungsi/kegunaan rumah
(misal:untuk berlindung, melindungi diri dari panas dan hujan, tempat
beristirahat, tempat berkumpul keluarga, dan lainnya)
b) Macam-macam
rumah dilihat dari bahan pembuatannya (misal: dibuat dari bambu, kayu, batu,
dan lainnya)
c) Jenis-jenis
rumah:
- rumat tempat tinggal
- istana
- tempat ibadah : sesuai dengan agama
- rumah adat: rumah joglo, rumah panggung
- tempat berobat: rumah sakit, puskesmas,
poliklinik, praktek dokter
- rumah untuk binatang: sangkar, kandang
- kantor
d) bagian
bagian rumah (pintu, jendela, atap, ruang tamu, garasi, kamar mandi, kamar
tidur dan kegunaan masing-masing)
e) alatalat
perkakas di dalam rumah (miasl: kursi, meja, taplak, kasur, dipan, pisau,
kompor, lemari, dan lainnya serta kegunaan masing-masing)
f)
lingkungan rumah
(misal: kebun, halaman, tetangga, warung)
6) SEKOLAH
2.4.2 SEMESTER II
Tidak ada komentar:
Posting Komentar