2.5 MENU PEMBELAJARAN
2.5.1 MENU
PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 1--2 TAHUN
Dalam
menu pembelajaran anak usia dini 1—2 tahun, ada enam aspek pengembangan dan indikator
tujuan untuk masing-masing aspek. Keenam aspek pengembangan tersebut adalah Moral
dan nilai-nilai agama, Fisik, Bahasa, Kognitif, Sosial Emosional, dan Seni. Berikut uraian masing-masing.
Aspek moral dan nilai-nilai
agama memiliki indikator berikut ini.
1.
Mendengarkan senandung
lagu keagamaan
2.
Mengikuti bacaaan
doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta menirukan sikap berdoa
3.
Meniru sebagian gerakan
ibadah
4.
Mendengarkan cerita
sederhana tentang kebesaran Tuhan
5.
Merawat benda mainannya
6.
Mengenal nama Tuhan
sesuai agama
7.
Merasakan/ditunjukklan
rasa sayang kasih melalui belaian dan rangkulan
8.
Mengucapkan terima
kasih setelah menerima sesuatu (dengan meniru)
9.
Mengucapkan salam
10.
Mengenalkan kata-kata
santun (maaf, tolong, dan lainnnya)
Aspek
fisik
1.
Mencoba beridiri
sendiri tanpa tanpa berpegangan
2.
Berjalan jika
dipegang/berpegangan
3.
Berjalan sendiri
mula-mula belum lurus, kemudian berjalan mantap
4.
Berjalan mundur 1—3 langkah
5.
Naik turun tangga
dengan berpegangan
6.
Memanjat kursi orang
dewasa
7.
Melatih keseimbangan
8.
Berlari sesekali jatuh
atau menabrak sesuatu
9.
Mengenal permukaan
benda melalui perabaan (kasar dan halus)
10. Memasukkan
dan mengeluarkan benda
11. Menunjuk
bagian tubuh sendiri
12.
Merobek kertas
sembarangan
13.
Memeras kertas
Aspek
bahasa
1.
Merespon bila dipanggil
namanya
2.
Mengenal suara di
sekitarnya (orang-orang terdekat, binatang, benda)
3.
Mengatakan dua kata
yang bermakna
4.
Mengerti satu perintah
5.
Menyebutkan nama benda
Aspek kognitif
1.
Mengenal benda
2.
Mengenal bentuk
3.
Mengenal ukuran
4.
Mengenal rasa
5.
Mengenal bau-bauan
6.
Mengulang bilangan 1, 2
Aspek sosial emosional
1.
Pemberian makanan padat
dengan jadwal teratur
2.
Memberikan mainan
apabila diminta
3.
Mengatakan jika ingin
buang air, berlatih menggunakan toilet
Aspek seni
1.
Mendengarkan music dan mengikuti irama
2.
Bertepuk tangan
mengikuti irama
2.5.2 MENU
PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 2--3 TAHUN
Dalam
menu pembelajaran anak usia dini 2--3 tahun, ada enam aspek pengembangan dan indikator
tujuan untuk masing-masing aspek. Keenam aspek pengembangan tersebut adalah Moral
dan nilai-nilai agama, Fisik, Bahasa, Kognitif, Sosial Emosional, dan Seni. Berikut uraian masing-masing.
Aspek moral dan nilai-nilai
agama memiliki indikator berikut ini.
1. Mendengarkan
senandung lagu keagamaan
2. Mengikuti
bacaaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta menirukan sikap
berdoa
3.
Meniru sebagian gerakan
ibadah
4.
Mendengarkan cerita
sederhana tentang kebesaran Tuhan
5.
Menyayangi orang tua,
orang di sekelilingnya, teman, bintang, dan tanaman
6.
Mengenal nama tuhan
sesuai agama
7.
Merasakan/ditunjukklan
rasa sayang kasih melalui belaian dan rangkulan
8.
Mengucapkan terima
kasih setelah menerima sesuatu (dengan dorongan)
9.
Mengucapkan salam
10. Mengenalkan
kata-kata santun (maaf, tolong, dan lainnnya)
Aspek fisik
1. Berjalan
stabil
2. Berjalan
mundur
3. Naik
turun tangga dengan berpegangan
4. Memanjat
5. Berjalan
mengikuti jejak secara lurus dan melingkar
6. Berlari
tanpa jatuh
7. Mengikuti
gerakan binatang
8. Menendang,
menangkap, dan melempar bola dari jarak dekat
9. Melompat
dengan dua kaki sekaligus
10. Masuk
ke dalam gorong-gorong (meja, kursi yang disusun, kardus)
11. Membedakan
permukaan tiga jenis benda melalui perabaan
12. Menuang
air, beras, biji-bijian
13. Menunjuk
mata boneka
14. Merobek
lurus
15. Melipat
kertas sembarangan
16. Membuat
garis acat (mencorat-coret)
Aspek
bahasa
1. Mengenal
suara di sekitarnya (orang-orang terdekat, binatang, benda) dan menirukan
beberapa suara binatang
2. Menyatakan
dalam kalimat pendek (2—4 kata)
3. Mengerti
dan melaksanakan satu perintah
4. Mengajukan
pertanyaan
5. Menyebutkan
nama benda
6. Tertarik
pada gambar dalam buku
Aspek kognitif
1. Membedakan
besar-kecil
2. Membedakan
rasa
3. Membedakan
bau
4.
Mengulang bilangan
1,2,3,4,5
5.
Pengelompokan warna
(dua warna)
Aspek sosial emosional
1. Mengenal
etika makan dan jadwal makan teratur
2. Mulai
dapat berbagi
3. Mulai
mahir menggunakan toilet (WC) dibantu/diingatkan
4. Dapat
ditinggalkan oleh orang tuanya
5. Dapat
memilih kegiatannya sendiri
6. Menunjukkan
ekspresi wajar saat marah, sedih, takut, dan lainnya
7.
Menjadi pendengar yang
baik
8.
Latihan membereskan
alat permainan
Aspek seni
1. Mendengarkan
musik dan mengikuti irama
2.
Bertepuk tangan dengan
berbagai variasi
3.
Memukul-mukul benda
dengan tangan
2.5.3 MENU
PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 3--4
TAHUN
Dalam
menu pembelajaran anak usia dini 3--4 tahun, ada enam aspek pengembangan dan indikator
tujuan untuk masing-masing aspek. Keenam aspek pengembangan tersebut adalah Moral
dan nilai-nilai agama, Fisik, Bahasa, Kognitif, Sosial Emosional, dan Seni. Berikut uraian masing-masing.
Aspek moral dan nilai-nilai
agama memiliki indikator berikut ini.
1. Mendengarkan
lagu keagamaan
2. Mengikuti
bacaaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta menirukan sikap
berdoa
3.
Meniru sebagian gerakan
ibadah
4.
Menyebutkan contoh
ciptaan Tuhan secara sederhana
5.
Menyayangi orang tua,
orang di sekelilingnya, teman, bintang, dan tanaman
6.
Mengenal nama tuhan
sesuai agama
7.
Merasakan/ditunjukklan
rasa sayang kasih melalui belaian dan rangkulan
8.
Mengucapkan terima
kasih setelah menerima sesuatu (dengan diingatkan)
9.
Mengucapkan salam
10. mengucapkan
kata-kata santun (maaf, tolong, dan lainnnya)
11.
Menghargai teman dan
tidak memaksakan kehendak
12.
Menirukan
kegiatan/pekerjaan orang dewasa
Aspek fisik
1. Berjalan
dengan stabil (keseimbangan tubuh yang
semakin baik)
2. Naik
turun tangga dengan berpegangan
3. Memanjat
4. Berjalan
di atas papan titian jarak 20 cm
5. Berlari
dengan stabil atau berlari di tempat
6. Senam
menirukan gerakan binatang
7. Menendang,
menangkap, dan melempar bola dari jarak jauh
8. Melompat
dengan dengan satu kaki bergantian
9. Merayap
dan merangkak lurus ke depan
10. Membedakan
permukaan lima jenis benda melalui
perabaan
11. Berjingkat
(berjalan bertumpu pada ujung kaki)
12. Menuang
air, beras, biji-bijian
13. Memegang
benda kecil dengan telunjuk dan ibu jari
14. Menggunting
sembarangan
15. Melipat
kertas mengikuti garis
16. Membuat
garis lurus, vertikal, melengkung
Aspek bahasa
1. Mengenal
dan menirukan serta mengetahui suara-suara benda dan binatang
2. Menyatakan
dalam kalimat pendek (4—5 kata)
3. Mengerti
dan melaksanakan dua perintah
4. Mengajukan
banyak pertanyaan
5.
Menyebutkan nama benda
dan fungsi
6.
Minta dibacakan buku
Aspek kognitif
1. Mengelompokkan
benda yang sama dan sejenis
2. Menyebutkan
empat bentuk (lingkar, bujur sangkar, segi tiga, segi panjang)
3. Membedakan
besar-kecil, panjang-pendek (2 demensi)
4. Membedakan
rasa
5. Membedakan
bau
6.
Mengulang bilangan 1-10
tanpa mengenal konsep
7.
Pengelompokan warna (5
warna) dan dapat membedakannya
Aspek sosial emosional
1.
Mengenal etika makan
dan jadwal makan teratur
2.
Mulai dapat berbagi
3.
Terbiasa menggunakan WC
4.
Tidak menangis jika
ditinggalkan oleh orang tuanya
5.
Dapat memilih
kegiatannya sendiri
6.
Menunjukkan ekspresi
wajar saat marah, sedih, takut, dan lainnya
7.
Menjadi pendengar dan
pembicara yang baik
8.
Membereskan alat permainan setelah menggunkannya
9.
Sabar menunggu giliran
dan terbiasa antri
10. Mengenal
peraturan dan mengikutinya
11.
Mengerti akibat jika
melakukan/melanggar aturan
12.
Memiliki kebiasaan
teratur
Aspek seni
1.
Mengerakkan tangan jika
mendengarkan musik
2.
Menyanyikan bagian lagu
sesuai irama
3.
Bertepuk tangan
membentuk irama
4.
Melukis dengan jari
2.5.4 MENU
PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 4--5
TAHUN
Dalam
menu pembelajaran anak usia dini 4--5 tahun, ada enam aspek pengembangan dan indikator
tujuan untuk masing-masing aspek. Keenam aspek pengembangan tersebut adalah Moral
dan nilai-nilai agama, Fisik, Bahasa, Kognitif, Sosial Emosional, dan Seni. Berikut uraian masing-masing.
Aspek moral dan nilai-nilai
agama memiliki indikator berikut ini.
1.
Menyanyikan lagu
keagamaan
2.
Berdoa sebelum dan
sesudah melakukan kegiatan dengan sikap
berdoa
3.
Dapat melakukan gerakan
ibadah
4.
Membedakan ciptaan
Tuhan dengan manusia
5.
Menyayangi orang tua,
orang di sekelilingnya, teman, guru, pembantu, bintang, dan tanaman
6.
Mengenal dan memahami
sifat-sifat Tuhan (Pengasih, Penyayang, dan lainnya)
7.
Mengenal nama tuhan
sesuai agama
8.
Merasakan/ditunjukklan
rasa sayang kasih melalui belaian dan rangkulan
9.
Selalu mengucapkan
terima kasih setelah menerima sesuatu
10. Mengucapkan
salam
11. mengucapkan
kata-kata santun (maaf, tolong, dan lainnnya)
12.
Menghargai teman dan
tidak memaksakan kehendak
13.
Membantu kegiatan/pekerjaan orang dewasa
Aspek fisik
1. Berjalan
dengan berbagai variasi (maju, mundur,
ke samping, di atas satu garis)
2. Naik
turun tangga tanpa berpegangan
3. Memanjat,
bergelantungan dan berayun
4. Berjalan
di atas papan titian dengan keseimbangan tubuh 40 cm
5. Berlari
dengan stabil atau berlari di tempat
6. Senam
dengan gerakan sendiri
7. Menendang,
menangkap, dan melempar bola dari jarak3—4 meter
8. Melompati
parit dan berguling
9. Merayap
dan merangkak lurus ke depan
10. Membedakan
permukaan tujuh jenis benda melalui
perabaan
11. Berjingkat
(berjalan bertumpu pada ujung kaki)
12. Menuang
air, beras, biji-bijian tanpa tumpah
13. Memasukkan
dan mengeluarkan tali ke dalam lubang
14. Menggunting
lurus, zig-zag
15. Melipat
kertas lebih dari satu lipatan
16. Membuat
garis lurus, vertikal, melengkung
17. Dikenalkan
untuk menulis (masa peralihan dari konkrit ke abstrak)
Aspek bahasa
1. Membedakan
berbagai jenis suara
2. Mengenal
masing-masing jenis huruf contoh m a m p u
3. Menyatakan
6--10 kata
4. Mengerti
dan melaksanakan tiga perintah
5. Menjawab
dengan kalimat lengkap
6. Menyebutkan
nama benda dan fungsi beserta sifatnya
7.
Belajar membaca
8.
Memecahkan masalah
dengan berdialog
Aspek kognitif
1. Mengelompokkan
benda yang sama dan sejenis
2. Menyebutkantujuh
bentuk (lingkar, bujur sangkar, segi tiga, segi panjang, segi enam, belah
ketupat, trapesium)
3. Membedakan
besar-kecil, panjang-pendek, berat-ringan (2 demensi)
4. Membedakan
penyebab rasa
5. Membedakan
sumber bau
6.
Mengulang bilangan 1-10
tanpa mengenal konsep
7.
Pengelompokan warna (5
warna) dan dapat membedakannya
Aspek sosial emosional
1.
Mengenal etika makan
dan jadwal makan teratur
2.
Tidak mengganggu teman
dengan sengaja
3.
Terbiasa menggunakan WC
4.
Berani berangkat ke
tempat belajar tanpa diantar
5.
Dapat memilih kegiatannya
sendiri
6.
Menunjukkan ekspresi
wajar saat marah, sedih, takut, dan lainnya
7.
Menjadi pendengar dan
pembicara yang baik
8.
Mengembalikan mainan
pada tempat semula
9.
Sabar menunggu giliran
dan terbiasa antri
10. Mulai
mengerti aturan main dalam
game/permainan
11. Mengerti
akibat jika melakukan/melanggar aturan
12. Memiliki
kebiasaan teratur
13. Menjaga
kerapian diri (dibantu)
14.
Bisa memimpin kelompok
kecil (2—5 anak)
15.
Dapat memecahkan
masalah sederhana
Aspek seni
1.
Mengerakkan tubuh
mengikuti irama
2.
Menyanyikan lagu pendek
sesuai irama
3.
Bertepuk tangan
membentuk irama
4.
Memainkan alat music
5.
Melukis dengan alat
bervariasi
2.5.5 MENU
PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 5--6
TAHUN
Dalam
menu pembelajaran anak usia dini 5--6 tahun, ada enam aspek pengembangan dan indikator
tujuan untuk masing-masing aspek. Keenam aspek pengembangan tersebut adalah Moral
dan nilai-nilai agama, Fisik, Bahasa, Kognitif, Sosial Emosional, dan Seni. Berikut uraian masing-masing.
Aspek moral dan nilai-nilai
agama memiliki indikator berikut ini.
1. Menyanyikan
lagu keagamaan
2. Selalu
berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dengan sikap yang benar
3. Dapat
melakukan ibadah
4.
Membedakan ciptaan
Tuhan dengan manusia
5.
Menyayangi semua
ciptaan Tuhan dan menunjukkan perilaku memelihara ciptaan Tuhan
6.
Merasakan/ditunjukklan
rasa sayang kasih melalui belaian dan rangkulan
7.
Selalu mengucapkan
terima kasih setelah menerima sesuatu
8.
Mengucapkan salam
9.
mengucapkan kata-kata
santun (maaf, tolong, dan lainnnya)
10.
Menghargai teman dan
tidak memaksakan kehendak
11.
Menolong teman dan
orang dewasa
Aspek fisik
1. Berjalan
dengan berbagai variasi dan lebih lancar
2. Naik
turun tangga tanpa berpegangan
3. Memanjat
dan berayun
4. Berjalan
di atas papan titian dengan membawa benda
5. Berlari
lurus
6. Senam
dengan gerakan sendiri
7. Menendang,
menangkap, dan melempar bola dari jarak jauh serta bermain bnola keranjang
8. Melompat
dengan 1 atau 2 kaki begantian
9. Merayap
dan merangkak dengan berbagai variasi
10. Berjingkat
dengan satu atau dua kaki secara bervariasi
11. Membedakan
permukaan dengan perabaan
12. Menuang
air, beras, biji-bijian tanpa tumpah
13. Memasukkan
dan mengeluarkan tali ke dalam lubang
14. Menggunting
mengikuti bentuk
15. Melipat
kertas sampai menjadi suatu bentuk
16. Membuat
lingkaran
17. Dikenalkan
untuk menulis (masa peralihan dari konkrit ke abstrak)
Aspek bahasa
1. Mengenal
masing-masing bunyi huruf contoh m a m p u
2. Berbicara
lancar menggunakan kalimat yang kompleks (lebih dari 10 kata)
3. Mengerti
dan melaksanakan tiga perintah
4. Mengajukan
pertanyaan dan menjawab dengan kalimat kompleks
5. Menyebutkan
nama benda dan fungsi beserta sifatnya memperdalam dengan percakapan
6.
Dapat membaca apabila
anak sudah siap
7.
Memecahkan masalah
dengan berdialog (sebab-akibat)
Aspek kognitif
1.
Mengelompokkan benda
yang sama dan sejenis
2.
Menyebutkan semua jenis
bentuk
3.
Menciptakan berbagai
macam desain/gambar
4.
Membedakan besar-kecil,
panjang-pendek, berat-ringan, ruang waktu dan deskripsinya
5.
Membedakan penyebab rasa
6.
Membedakan sumber bau
7.
Mengulang konsep bilangan
8.
Dikenalkan lambang
bilangan
9.
Menggunakan alat atau tanda untuk berhitung
10.
Mendeskripsikan warna
benda-benda di lingkungannya
Aspek sosial emosional
1.
Mematuhi etika makan dan jadwal makan teratur
2.
Bermain bersama dan
bergantian menggunakan mainan
3.
Terbiasa menggunakan WC
4.
Berani berangkat ke
tempat belajar tanpa diantar
5.
Dapat memilih
kegiatannya sendiri
6.
Menunjukkan ekspresi
wajar saat marah, sedih, takut, dan lainnya
7.
Menjadi pendengar dan
pembicara yang baik
8.
Tertib menggunakan alat
atau benda sesuai dengan fungsinya
9.
Mengembalikan mainan pada
tempat semula
10. Mengerti
aturan bermain bersama
11. Mengerti
akibat jika melakukan/melanggar aturan
12. Memiliki
kebiasaan teratur
13. Menjaga
kerapian diri (berdandan sendiri)
14. Bisa
memimpin kelompok kecil (5—10 anak)
15.
Dapat memecahkan
masalah sederhana
16.
Mengetahui hak dan
kewajiban
Aspek seni
1.
Mengerakkan gerakan
sederhan sesuai irama
2.
Menyanyikan lagu
diiringi musik
3.
Bertepuk tangan
membentuk irama
4.
Memainkan alat musik
5.
Melukis dengan alat dan
bahan bervariasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar