Senin, 16 Januari 2012

MENU PEMBELAJARAN

2.5 MENU PEMBELAJARAN
2.5.1 MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 1--2 TAHUN
Dalam menu pembelajaran anak usia dini 1—2 tahun, ada enam aspek pengembangan dan indikator tujuan untuk masing-masing aspek. Keenam aspek pengembangan tersebut adalah Moral dan nilai-nilai agama, Fisik, Bahasa, Kognitif, Sosial Emosional, dan Seni. Berikut uraian masing-masing.
Aspek moral dan nilai-nilai agama memiliki indikator berikut ini.
1.        Mendengarkan senandung lagu keagamaan
2.        Mengikuti bacaaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta menirukan sikap berdoa
3.        Meniru sebagian gerakan ibadah
4.        Mendengarkan cerita sederhana tentang kebesaran Tuhan
5.        Merawat benda mainannya
6.        Mengenal nama Tuhan sesuai agama
7.        Merasakan/ditunjukklan rasa sayang kasih melalui belaian dan rangkulan
8.        Mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu (dengan meniru)
9.        Mengucapkan salam
10.    Mengenalkan kata-kata santun (maaf, tolong, dan lainnnya)
 
Aspek fisik
1.          Mencoba beridiri sendiri tanpa tanpa berpegangan
2.          Berjalan jika dipegang/berpegangan
3.          Berjalan sendiri mula-mula belum lurus, kemudian berjalan mantap
4.          Berjalan mundur 1—3 langkah
5.          Naik turun tangga dengan berpegangan
6.          Memanjat kursi orang dewasa
7.          Melatih keseimbangan
8.          Berlari sesekali jatuh atau menabrak sesuatu
9.          Mengenal permukaan benda melalui perabaan (kasar dan halus)
10.      Memasukkan dan mengeluarkan benda
11.      Menunjuk bagian tubuh sendiri
12.      Merobek kertas sembarangan
13.      Memeras kertas
Aspek bahasa
1.         Merespon bila dipanggil namanya
2.         Mengenal suara di sekitarnya (orang-orang terdekat, binatang, benda)
3.         Mengatakan dua kata yang bermakna
4.         Mengerti satu perintah
5.         Menyebutkan nama benda
Aspek kognitif
1.         Mengenal benda
2.         Mengenal bentuk
3.         Mengenal ukuran
4.         Mengenal rasa
5.         Mengenal bau-bauan
6.         Mengulang bilangan 1, 2
Aspek sosial emosional
1.          Pemberian makanan padat dengan jadwal teratur
2.          Memberikan mainan apabila diminta
3.          Mengatakan jika ingin buang air, berlatih menggunakan toilet
Aspek seni
1.                  Mendengarkan music dan mengikuti irama
2.                  Bertepuk tangan mengikuti irama

2.5.2 MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 2--3 TAHUN
Dalam menu pembelajaran anak usia dini 2--3 tahun, ada enam aspek pengembangan dan indikator tujuan untuk masing-masing aspek. Keenam aspek pengembangan tersebut adalah Moral dan nilai-nilai agama, Fisik, Bahasa, Kognitif, Sosial Emosional, dan Seni. Berikut uraian masing-masing.
Aspek moral dan nilai-nilai agama memiliki indikator berikut ini.
1.      Mendengarkan senandung lagu keagamaan
2.      Mengikuti bacaaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta menirukan sikap berdoa
3.        Meniru sebagian gerakan ibadah
4.        Mendengarkan cerita sederhana tentang kebesaran Tuhan
5.        Menyayangi orang tua, orang di sekelilingnya, teman, bintang, dan tanaman
6.        Mengenal nama tuhan sesuai agama
7.        Merasakan/ditunjukklan rasa sayang kasih melalui belaian dan rangkulan
8.        Mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu (dengan dorongan)
9.        Mengucapkan salam
10.    Mengenalkan kata-kata santun (maaf, tolong, dan lainnnya)
Aspek fisik
1.      Berjalan stabil
2.      Berjalan mundur
3.      Naik turun tangga dengan berpegangan
4.      Memanjat
5.      Berjalan mengikuti jejak secara lurus dan melingkar
6.      Berlari tanpa jatuh
7.      Mengikuti gerakan binatang
8.      Menendang, menangkap, dan melempar bola dari jarak dekat
9.      Melompat dengan dua kaki sekaligus
10.  Masuk ke dalam gorong-gorong (meja, kursi yang disusun, kardus)
11.  Membedakan permukaan tiga jenis benda melalui perabaan
12.  Menuang air, beras, biji-bijian
13.  Menunjuk mata boneka
14.  Merobek lurus
15.  Melipat kertas sembarangan
16.  Membuat garis acat (mencorat-coret)
Aspek bahasa
1.    Mengenal suara di sekitarnya (orang-orang terdekat, binatang, benda) dan menirukan beberapa suara binatang
2.    Menyatakan dalam kalimat pendek (2—4 kata)
3.    Mengerti dan melaksanakan satu perintah
4.    Mengajukan pertanyaan
5.    Menyebutkan nama benda
6.    Tertarik pada gambar dalam buku
Aspek kognitif
1.    Membedakan besar-kecil
2.    Membedakan rasa
3.    Membedakan bau
4.    Mengulang bilangan 1,2,3,4,5
5.    Pengelompokan warna (dua warna)
Aspek sosial emosional
1.    Mengenal etika makan dan jadwal makan teratur
2.    Mulai dapat berbagi
3.    Mulai mahir menggunakan toilet (WC) dibantu/diingatkan
4.    Dapat ditinggalkan oleh orang tuanya
5.    Dapat memilih kegiatannya sendiri
6.    Menunjukkan ekspresi wajar saat marah, sedih, takut, dan lainnya
7.    Menjadi pendengar yang baik
8.    Latihan membereskan alat permainan
Aspek seni
1.    Mendengarkan musik dan mengikuti irama
2.    Bertepuk tangan dengan berbagai variasi
3.    Memukul-mukul benda dengan tangan
2.5.3 MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 3--4 TAHUN
Dalam menu pembelajaran anak usia dini 3--4 tahun, ada enam aspek pengembangan dan indikator tujuan untuk masing-masing aspek. Keenam aspek pengembangan tersebut adalah Moral dan nilai-nilai agama, Fisik, Bahasa, Kognitif, Sosial Emosional, dan Seni. Berikut uraian masing-masing.
Aspek moral dan nilai-nilai agama memiliki indikator berikut ini.
1.      Mendengarkan lagu keagamaan
2.      Mengikuti bacaaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta menirukan sikap berdoa
3.        Meniru sebagian gerakan ibadah
4.        Menyebutkan contoh ciptaan Tuhan secara sederhana
5.        Menyayangi orang tua, orang di sekelilingnya, teman, bintang, dan tanaman
6.        Mengenal nama tuhan sesuai agama
7.        Merasakan/ditunjukklan rasa sayang kasih melalui belaian dan rangkulan
8.        Mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu (dengan diingatkan)
9.        Mengucapkan salam
10.    mengucapkan kata-kata santun (maaf, tolong, dan lainnnya)
11.    Menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak
12.    Menirukan kegiatan/pekerjaan orang dewasa
Aspek fisik
1.      Berjalan dengan  stabil (keseimbangan tubuh yang semakin baik)
2.      Naik turun tangga dengan berpegangan
3.      Memanjat
4.      Berjalan di atas papan titian jarak 20 cm
5.      Berlari dengan stabil atau berlari di tempat
6.      Senam menirukan gerakan binatang
7.      Menendang, menangkap, dan melempar bola dari jarak jauh
8.      Melompat dengan dengan satu kaki bergantian
9.      Merayap dan merangkak lurus ke depan
10.  Membedakan permukaan lima  jenis benda melalui perabaan
11.  Berjingkat (berjalan bertumpu pada ujung kaki)
12.  Menuang air, beras, biji-bijian
13.  Memegang benda kecil dengan telunjuk dan ibu jari
14.  Menggunting sembarangan
15.  Melipat kertas mengikuti garis
16.  Membuat garis lurus, vertikal, melengkung
Aspek bahasa
1.    Mengenal dan menirukan serta mengetahui suara-suara benda dan  binatang
2.    Menyatakan dalam kalimat pendek (4—5 kata)
3.    Mengerti dan melaksanakan dua perintah
4.    Mengajukan banyak pertanyaan
5.    Menyebutkan nama benda dan fungsi
6.    Minta dibacakan buku
Aspek kognitif
1.    Mengelompokkan benda yang sama dan sejenis
2.    Menyebutkan empat bentuk (lingkar, bujur sangkar, segi tiga, segi panjang)
3.    Membedakan besar-kecil, panjang-pendek (2 demensi)
4.    Membedakan rasa
5.    Membedakan bau
6.    Mengulang bilangan 1-10 tanpa mengenal konsep
7.    Pengelompokan warna (5 warna) dan dapat membedakannya
Aspek sosial emosional
1.        Mengenal etika makan dan jadwal makan teratur
2.        Mulai dapat berbagi
3.        Terbiasa menggunakan WC
4.        Tidak menangis jika ditinggalkan oleh orang tuanya
5.        Dapat memilih kegiatannya sendiri
6.        Menunjukkan ekspresi wajar saat marah, sedih, takut, dan lainnya
7.        Menjadi pendengar dan pembicara yang baik
8.        Membereskan  alat permainan setelah menggunkannya
9.        Sabar menunggu giliran dan terbiasa antri
10.    Mengenal peraturan dan mengikutinya
11.    Mengerti akibat jika melakukan/melanggar aturan
12.    Memiliki kebiasaan teratur
Aspek seni
1.        Mengerakkan tangan jika mendengarkan musik
2.        Menyanyikan bagian lagu sesuai irama
3.        Bertepuk tangan membentuk irama
4.        Melukis dengan jari

2.5.4 MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 4--5 TAHUN
Dalam menu pembelajaran anak usia dini 4--5 tahun, ada enam aspek pengembangan dan indikator tujuan untuk masing-masing aspek. Keenam aspek pengembangan tersebut adalah Moral dan nilai-nilai agama, Fisik, Bahasa, Kognitif, Sosial Emosional, dan Seni. Berikut uraian masing-masing.

Aspek moral dan nilai-nilai agama memiliki indikator berikut ini.
1.        Menyanyikan lagu keagamaan
2.        Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dengan  sikap berdoa
3.        Dapat melakukan gerakan ibadah
4.        Membedakan ciptaan Tuhan dengan manusia
5.        Menyayangi orang tua, orang di sekelilingnya, teman, guru, pembantu, bintang, dan tanaman
6.        Mengenal dan memahami sifat-sifat Tuhan (Pengasih, Penyayang, dan lainnya)
7.        Mengenal nama tuhan sesuai agama
8.        Merasakan/ditunjukklan rasa sayang kasih melalui belaian dan rangkulan
9.        Selalu mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu
10.    Mengucapkan salam
11.    mengucapkan kata-kata santun (maaf, tolong, dan lainnnya)
12.    Menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak
13.    Membantu  kegiatan/pekerjaan orang dewasa
Aspek fisik
1.      Berjalan dengan  berbagai variasi (maju, mundur, ke samping, di atas satu garis)
2.      Naik turun tangga tanpa berpegangan
3.      Memanjat, bergelantungan dan berayun
4.      Berjalan di atas papan titian dengan keseimbangan tubuh 40 cm
5.      Berlari dengan stabil atau berlari di tempat
6.      Senam dengan gerakan sendiri
7.      Menendang, menangkap, dan melempar bola dari jarak3—4 meter
8.      Melompati parit dan berguling
9.      Merayap dan merangkak lurus ke depan
10.  Membedakan permukaan tujuh  jenis benda melalui perabaan
11.  Berjingkat (berjalan bertumpu pada ujung kaki)
12.  Menuang air, beras, biji-bijian tanpa tumpah
13.  Memasukkan dan mengeluarkan tali  ke dalam lubang
14.  Menggunting lurus, zig-zag
15.  Melipat kertas lebih dari satu lipatan
16.  Membuat garis lurus, vertikal, melengkung
17.  Dikenalkan untuk menulis (masa peralihan dari konkrit ke abstrak)
Aspek bahasa
1.    Membedakan berbagai jenis suara
2.    Mengenal masing-masing jenis huruf contoh m a m p u
3.    Menyatakan 6--10 kata
4.    Mengerti dan melaksanakan tiga perintah
5.    Menjawab dengan kalimat lengkap
6.    Menyebutkan nama benda dan fungsi beserta sifatnya
7.    Belajar membaca
8.    Memecahkan masalah dengan berdialog
Aspek kognitif
1.    Mengelompokkan benda yang sama dan sejenis
2.    Menyebutkantujuh bentuk (lingkar, bujur sangkar, segi tiga, segi panjang, segi enam, belah ketupat, trapesium)
3.    Membedakan besar-kecil, panjang-pendek, berat-ringan (2 demensi)
4.    Membedakan penyebab  rasa
5.    Membedakan sumber bau
6.    Mengulang bilangan 1-10 tanpa mengenal konsep
7.    Pengelompokan warna (5 warna) dan dapat membedakannya
Aspek sosial emosional
1.        Mengenal etika makan dan jadwal makan teratur
2.        Tidak mengganggu teman dengan sengaja
3.        Terbiasa menggunakan WC
4.        Berani berangkat ke tempat belajar tanpa diantar
5.        Dapat memilih kegiatannya sendiri
6.        Menunjukkan ekspresi wajar saat marah, sedih, takut, dan lainnya
7.        Menjadi pendengar dan pembicara yang baik
8.        Mengembalikan mainan pada tempat semula
9.        Sabar menunggu giliran dan terbiasa antri
10.    Mulai mengerti aturan main  dalam game/permainan
11.    Mengerti akibat jika melakukan/melanggar aturan
12.    Memiliki kebiasaan teratur
13.    Menjaga kerapian diri (dibantu)
14.    Bisa memimpin kelompok kecil (2—5 anak)
15.    Dapat memecahkan masalah sederhana
Aspek seni
1.        Mengerakkan tubuh mengikuti irama
2.        Menyanyikan lagu pendek sesuai irama
3.        Bertepuk tangan membentuk irama
4.        Memainkan alat music
5.        Melukis dengan alat bervariasi

2.5.5 MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 5--6 TAHUN
Dalam menu pembelajaran anak usia dini 5--6 tahun, ada enam aspek pengembangan dan indikator tujuan untuk masing-masing aspek. Keenam aspek pengembangan tersebut adalah Moral dan nilai-nilai agama, Fisik, Bahasa, Kognitif, Sosial Emosional, dan Seni. Berikut uraian masing-masing.
Aspek moral dan nilai-nilai agama memiliki indikator berikut ini.
1.      Menyanyikan lagu keagamaan
2.      Selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dengan  sikap yang benar
3.      Dapat melakukan  ibadah
4.        Membedakan ciptaan Tuhan dengan manusia
5.        Menyayangi semua ciptaan Tuhan dan menunjukkan perilaku memelihara ciptaan Tuhan
6.        Merasakan/ditunjukklan rasa sayang kasih melalui belaian dan rangkulan
7.        Selalu mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu
8.        Mengucapkan salam
9.        mengucapkan kata-kata santun (maaf, tolong, dan lainnnya)
10.    Menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak
11.    Menolong teman dan orang dewasa
Aspek fisik
1.      Berjalan dengan  berbagai variasi dan lebih lancar
2.      Naik turun tangga tanpa berpegangan
3.      Memanjat dan berayun
4.      Berjalan di atas papan titian dengan membawa benda
5.      Berlari lurus
6.      Senam dengan gerakan sendiri
7.      Menendang, menangkap, dan melempar bola dari jarak jauh serta bermain bnola keranjang
8.      Melompat dengan 1 atau 2 kaki begantian
9.      Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi
10.  Berjingkat dengan satu atau dua kaki secara bervariasi
11.  Membedakan permukaan dengan perabaan
12.  Menuang air, beras, biji-bijian tanpa tumpah
13.  Memasukkan dan mengeluarkan tali  ke dalam lubang
14.  Menggunting mengikuti bentuk
15.  Melipat kertas sampai menjadi suatu bentuk
16.  Membuat lingkaran
17.  Dikenalkan untuk menulis (masa peralihan dari konkrit ke abstrak)
Aspek bahasa
1.    Mengenal masing-masing bunyi  huruf contoh m a m p u
2.    Berbicara lancar menggunakan kalimat yang kompleks (lebih dari 10 kata)
3.    Mengerti dan melaksanakan tiga perintah
4.    Mengajukan pertanyaan dan menjawab dengan kalimat kompleks
5.    Menyebutkan nama benda dan fungsi beserta sifatnya memperdalam dengan percakapan
6.    Dapat membaca apabila anak sudah siap
7.    Memecahkan masalah dengan berdialog (sebab-akibat)
Aspek kognitif
1.        Mengelompokkan benda yang sama dan sejenis
2.        Menyebutkan semua jenis  bentuk
3.        Menciptakan berbagai macam desain/gambar
4.        Membedakan besar-kecil, panjang-pendek, berat-ringan, ruang waktu dan deskripsinya
5.        Membedakan penyebab  rasa
6.        Membedakan sumber bau
7.        Mengulang  konsep bilangan
8.        Dikenalkan lambang bilangan
9.         Menggunakan alat atau tanda untuk berhitung
10.    Mendeskripsikan warna benda-benda di lingkungannya
Aspek sosial emosional
1.        Mematuhi  etika makan dan jadwal makan teratur
2.        Bermain bersama dan bergantian menggunakan mainan
3.        Terbiasa menggunakan WC
4.        Berani berangkat ke tempat belajar tanpa diantar
5.        Dapat memilih kegiatannya sendiri
6.        Menunjukkan ekspresi wajar saat marah, sedih, takut, dan lainnya
7.        Menjadi pendengar dan pembicara yang baik
8.        Tertib menggunakan alat atau benda sesuai dengan fungsinya
9.        Mengembalikan mainan pada tempat semula
10.    Mengerti aturan bermain bersama
11.    Mengerti akibat jika melakukan/melanggar aturan
12.    Memiliki kebiasaan teratur
13.    Menjaga kerapian diri (berdandan sendiri)
14.    Bisa memimpin kelompok kecil (5—10 anak)
15.    Dapat memecahkan masalah sederhana
16.    Mengetahui hak dan kewajiban
Aspek seni
1.        Mengerakkan gerakan sederhan sesuai  irama
2.        Menyanyikan lagu diiringi musik
3.        Bertepuk tangan membentuk irama
4.        Memainkan alat musik
5.        Melukis dengan alat dan bahan bervariasi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar