MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 1--2 TAHUN
MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 2--3 TAHUN
No
|
Aspek
Pengembangan
|
Indikator
Kemampuan
|
1
|
Moral
dan nilai-nilai agama
|
1. Mendengarkan
senandung lagu keagamaan
2. Mengikuti
bacaaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta menirukan
sikap berdoa
3.
Meniru sebagian gerakan ibadah
4.
Mendengarkan cerita sederhana tentang
kebesaran Tuhan
5.
Menyayangi orang tua, orang di
sekelilingnya, teman, bintang, dan tanaman
6.
Mengenal nama tuhan sesuai agama
7.
Merasakan/ditunjukklan rasa sayang
kasih melalui belaian dan rangkulan
8.
Mengucapkan terima kasih setelah menerima
sesuatu (dengan dorongan)
9.
Mengucapkan salam
10. Mengenalkan
kata-kata santun (maaf, tolong, dan lainnnya)
|
2
|
Fisik
|
1. Berjalan
stabil
2. Berjalan
mundur
3. Naik
turun tangga dengan berpegangan
4. Memanjat
5. Berjalan
mengikuti jejak secara lurus dan melingkar
6. Berlari
tanpa jatuh
7. Mengikuti
gerakan binatang
8. Menendang,
menangkap, dan melempar bola dari jarak dekat
9. Melompat
dengan dua kaki sekaligus
10. Masuk
ke dalam gorong-gorong (meja, kursi yang disusun, kardus)
11. Membedakan
permukaan tiga jenis benda melalui perabaan
12. Menuang
air, beras, biji-bijian
13. Menunjuk
mata boneka
14. Merobek
lurus
15. Melipat
kertas sembarangan
16. Membuat
garis acat (mencorat-coret)
|
3
|
Bahasa
|
1. Mengenal
suara di sekitarnya (orang-orang terdekat, binatang, benda) dan menirukan
beberapa suara binatang
2. Menyatakan
dalam kalimat pendek (2—4 kata)
3. Mengerti
dan melaksanakan satu perintah
4. Mengajukan
pertanyaan
5. Menyebutkan
nama benda
6. Tertarik
pada gambar dalam buku
|
4
|
Kognitif
|
1. Membedakan
besar-kecil
2. Membedakan
rasa
3. Membedakan
bau
4. Mengulang
bilangan 1,2,3,4,5
5. Pengelompokan
warna (dua warna)
|
5
|
Sosial
Emosional
|
1. Mengenal
etika makan dan jadwal makan teratur
2. Mulai
dapat berbagi
3. Mulai
mahir menggunakan toilet (WC) dibantu/diingatkan
4. Dapat
ditinggalkan oleh orang tuanya
5. Dapat
memilih kegiatannya sendiri
6. Menunjukkan
ekspresi wajar saat marah, sedih, takut, dan lainnya
7. Menjadi
pendengar yang baik
8. Latihan
membereskan alat permainan
|
6
|
Seni
|
1. Mendengarkan
musik dan mengikuti irama
2. Bertepuk
tangan dengan berbagai variasi
3. Memukul-mukul
benda dengan tangan
|
MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 3--4 TAHUN
No
|
Aspek
Pengembangan
|
Indikator Kemampuan
|
1
|
Moral
dan nilai-nilai agama
|
1. Mendengarkan
lagu keagamaan
2. Mengikuti
bacaaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta menirukan
sikap berdoa
3.
Meniru sebagian gerakan ibadah
4.
Menyebutkan contoh ciptaan Tuhan
secara sederhana
5.
Menyayangi orang tua, orang di
sekelilingnya, teman, bintang, dan tanaman
6.
Mengenal nama tuhan sesuai agama
7.
Merasakan/ditunjukklan rasa sayang
kasih melalui belaian dan rangkulan
8.
Mengucapkan terima kasih setelah menerima
sesuatu (dengan diingatkan)
9.
Mengucapkan salam
10. mengucapkan
kata-kata santun (maaf, tolong, dan lainnnya)
11. Menghargai
teman dan tidak memaksakan kehendak
12. Menirukan
kegiatan/pekerjaan orang dewasa
|
2
|
Fisik
|
1. Berjalan
dengan stabil (keseimbangan tubuh yang
semakin baik)
2. Naik
turun tangga dengan berpegangan
3. Memanjat
4. Berjalan
di atas papan titian jarak 20 cm
5. Berlari
dengan stabil atau berlari di tempat
6. Senam
menirukan gerakan binatang
7. Menendang,
menangkap, dan melempar bola dari jarak jauh
8. Melompat
dengan dengan satu kaki bergantian
9. Merayap
dan merangkak lurus ke depan
10. Membedakan
permukaan lima jenis benda melalui
perabaan
11. Berjingkat
(berjalan bertumpu pada ujung kaki)
12. Menuang
air, beras, biji-bijian
13. Memegang
benda kecil dengan telunjuk dan ibu jari
14. Menggunting
sembarangan
15. Melipat
kertas mengikuti garis
16. Membuat
garis lurus, vertikal, melengkung
|
3
|
Bahasa
|
1. Mengenal
dan menirukan serta mengetahui suara-suara benda dan binatang
2. Menyatakan
dalam kalimat pendek (4—5 kata)
3. Mengerti
dan melaksanakan dua perintah
4. Mengajukan
banyak pertanyaan
5. Menyebutkan
nama benda dan fungsi
6. Minta
dibacakan buku
|
4
|
Kognitif
|
1. Mengelompokkan
benda yang sama dan sejenis
2. Menyebutkan
empat bentuk (lingkar, bujur sangkar, segi tiga, segi panjang)
3. Membedakan
besar-kecil, panjang-pendek (2 demensi)
4. Membedakan
rasa
5. Membedakan
bau
6. Mengulang
bilangan 1-10 tanpa mengenal konsep
7. Pengelompokan
warna (5 warna) dan dapat membedakannya
|
5
|
Sosial
Emosional
|
1.
Mengenal etika makan dan jadwal makan
teratur
2.
Mulai dapat berbagi
3.
Terbiasa menggunakan WC
4.
Tidak menangis jika ditinggalkan oleh
orang tuanya
5.
Dapat memilih kegiatannya sendiri
6.
Menunjukkan ekspresi wajar saat marah,
sedih, takut, dan lainnya
7.
Menjadi pendengar dan pembicara yang
baik
8.
Membereskan alat permainan setelah menggunkannya
9.
Sabar menunggu giliran dan terbiasa
antri
10. Mengenal
peraturan dan mengikutinya
11. Mengerti
akibat jika melakukan/melanggar aturan
12. Memiliki
kebiasaan teratur
|
6
|
Seni
|
1.
Mengerakkan tangan jika mendengarkan
musik
2.
Menyanyikan bagian lagu sesuai irama
3.
Bertepuk tangan membentuk irama
4.
Melukis dengan jari
|
MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 4--5 TAHUN
No
|
Aspek
Pengembangan
|
Indikator
Kemampuan
|
1
|
Moral
dan nilai-nilai agama
|
1. Menyanyikan
lagu keagamaan
2. Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dengan sikap berdoa
3.
Dapat melakukan gerakan ibadah
4.
Membedakan ciptaan Tuhan dengan
manusia
5.
Menyayangi orang tua, orang di
sekelilingnya, teman, guru, pembantu, bintang, dan tanaman
6.
Mengenal dan memahami sifat-sifat
Tuhan (Pengasih, Penyayang, dan lainnya)
7.
Mengenal nama tuhan sesuai agama
8.
Merasakan/ditunjukklan rasa sayang
kasih melalui belaian dan rangkulan
9.
Selalu mengucapkan terima kasih
setelah menerima sesuatu
10. Mengucapkan
salam
11. mengucapkan
kata-kata santun (maaf, tolong, dan lainnnya)
12. Menghargai
teman dan tidak memaksakan kehendak
13. Membantu
kegiatan/pekerjaan orang dewasa
|
2
|
Fisik
|
1. Berjalan
dengan berbagai variasi (maju, mundur,
ke samping, di atas satu garis)
2. Naik
turun tangga tanpa berpegangan
3. Memanjat,
bergelantungan dan berayun
4. Berjalan
di atas papan titian dengan keseimbangan tubuh 40 cm
5. Berlari
dengan stabil atau berlari di tempat
6. Senam dengan
gerakan sendiri
7. Menendang,
menangkap, dan melempar bola dari jarak3—4 meter
8. Melompati
parit dan berguling
9. Merayap
dan merangkak lurus ke depan
10. Membedakan
permukaan tujuh jenis benda melalui
perabaan
11. Berjingkat
(berjalan bertumpu pada ujung kaki)
12. Menuang
air, beras, biji-bijian tanpa tumpah
13. Memasukkan
dan mengeluarkan tali ke dalam lubang
14. Menggunting
lurus, zig-zag
15. Melipat
kertas lebih dari satu lipatan
16. Membuat
garis lurus, vertikal, melengkung
17. Dikenalkan
untuk menulis (masa peralihan dari konkrit ke abstrak)
|
3
|
Bahasa
|
1. Membedakan
berbagai jenis suara
2. Mengenal
masing-masing jenis huruf contoh m a m p
u
3. Menyatakan
6--10 kata
4. Mengerti
dan melaksanakan tiga perintah
5. Menjawab
dengan kalimat lengkap
6. Menyebutkan
nama benda dan fungsi beserta sifatnya
7. Belajar
membaca
8. Memecahkan
masalah dengan berdialog
|
4
|
Kognitif
|
1. Mengelompokkan
benda yang sama dan sejenis
2. Menyebutkantujuh
bentuk (lingkar, bujur sangkar, segi tiga, segi panjang, segi enam, belah
ketupat, trapesium)
3. Membedakan
besar-kecil, panjang-pendek, berat-ringan (2 demensi)
4. Membedakan
penyebab rasa
5. Membedakan
sumber bau
6. Mengulang
bilangan 1-10 tanpa mengenal konsep
7. Pengelompokan
warna (5 warna) dan dapat membedakannya
|
5
|
Sosial
Emosional
|
1.
Mengenal etika makan dan jadwal makan teratur
2.
Tidak mengganggu teman dengan sengaja
3.
Terbiasa menggunakan WC
4.
Berani berangkat ke tempat belajar
tanpa diantar
5.
Dapat memilih kegiatannya sendiri
6.
Menunjukkan ekspresi wajar saat marah,
sedih, takut, dan lainnya
7.
Menjadi pendengar dan pembicara yang baik
8.
Mengembalikan mainan pada tempat
semula
9.
Sabar menunggu giliran dan terbiasa
antri
10. Mulai
mengerti aturan main dalam
game/permainan
11. Mengerti
akibat jika melakukan/melanggar aturan
12. Memiliki
kebiasaan teratur
13. Menjaga
kerapian diri (dibantu)
14. Bisa
memimpin kelompok kecil (2—5 anak)
15. Dapat
memecahkan masalah sederhana
|
6
|
Seni
|
1.
Mengerakkan tubuh mengikuti irama
2.
Menyanyikan lagu pendek sesuai irama
3.
Bertepuk tangan membentuk irama
4.
Memainkan alat musik
5.
Melukis dengan alat bervariasi
|
MENU PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI USIA 5--6 TAHUN
No
|
Aspek
Pengembangan
|
Indikator
Kemampuan
|
1
|
Moral
dan nilai-nilai agama
|
1. Menyanyikan
lagu keagamaan
2. Selalu
berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dengan sikap yang benar
3. Dapat
melakukan ibadah
4.
Membedakan ciptaan Tuhan dengan
manusia
5.
Menyayangi semua ciptaan Tuhan dan
menunjukkan perilaku memelihara ciptaan Tuhan
6.
Merasakan/ditunjukklan rasa sayang
kasih melalui belaian dan rangkulan
7.
Selalu mengucapkan terima kasih
setelah menerima sesuatu
8.
Mengucapkan salam
9.
mengucapkan kata-kata santun (maaf,
tolong, dan lainnnya)
10. Menghargai
teman dan tidak memaksakan kehendak
11. Menolong
teman dan orang dewasa
|
2
|
Fisik
|
1. Berjalan
dengan berbagai variasi dan lebih
lancar
2. Naik
turun tangga tanpa berpegangan
3. Memanjat
dan berayun
4. Berjalan
di atas papan titian dengan membawa benda
5. Berlari
lurus
6. Senam
dengan gerakan sendiri
7. Menendang,
menangkap, dan melempar bola dari jarak jauh serta bermain bnola keranjang
8. Melompat
dengan 1 atau 2 kaki begantian
9. Merayap
dan merangkak dengan berbagai variasi
10. Berjingkat
dengan satu atau dua kaki secara bervariasi
11. Membedakan
permukaan dengan perabaan
12. Menuang
air, beras, biji-bijian tanpa tumpah
13. Memasukkan
dan mengeluarkan tali ke dalam lubang
14. Menggunting
mengikuti bentuk
15. Melipat
kertas sampai menjadi suatu bentuk
16. Membuat
lingkaran
17. Dikenalkan
untuk menulis (masa peralihan dari konkrit ke abstrak)
|
3
|
Bahasa
|
1. Mengenal
masing-masing bunyi huruf contoh m a m p u
2. Berbicara
lancar menggunakan kalimat yang kompleks (lebih dari 10 kata)
3. Mengerti
dan melaksanakan tiga perintah
4. Mengajukan
pertanyaan dan menjawab dengan kalimat kompleks
5. Menyebutkan
nama benda dan fungsi beserta sifatnya memperdalam dengan percakapan
6. Dapat
membaca apabila anak sudah siap
7. Memecahkan
masalah dengan berdialog (sebab-akibat)
|
4
|
Kognitif
|
1.
Mengelompokkan benda yang sama dan
sejenis
2.
Menyebutkan semua jenis bentuk
3.
Menciptakan berbagai macam
desain/gambar
4.
Membedakan besar-kecil,
panjang-pendek, berat-ringan, ruang waktu dan deskripsinya
5.
Membedakan penyebab rasa
6.
Membedakan sumber bau
7.
Mengulang konsep bilangan
8.
Dikenalkan lambang bilangan
9.
Menggunakan alat atau tanda untuk berhitung
10.
Mendeskripsikan warna benda-benda di
lingkungannya
|
5
|
Sosial
Emosional
|
1.
Mematuhi etika makan dan jadwal makan teratur
2.
Bermain bersama dan bergantian menggunakan
mainan
3.
Terbiasa menggunakan WC
4.
Berani berangkat ke tempat belajar
tanpa diantar
5.
Dapat memilih kegiatannya sendiri
6.
Menunjukkan ekspresi wajar saat marah,
sedih, takut, dan lainnya
7.
Menjadi pendengar dan pembicara yang
baik
8.
Tertib menggunakan alat atau benda
sesuai dengan fungsinya
9.
Mengembalikan mainan pada tempat
semula
10. Mengerti
aturan bermain bersama
11. Mengerti
akibat jika melakukan/melanggar aturan
12. Memiliki
kebiasaan teratur
13. Menjaga
kerapian diri (berdandan sendiri)
14. Bisa
memimpin kelompok kecil (5—10 anak)
15. Dapat
memecahkan masalah sederhana
16. Mengetahui
hak dan kewajiban
|
6
|
Seni
|
1.
Mengerakkan gerakan sederhan sesuai irama
2.
Menyanyikan lagu diiringi musik
3.
Bertepuk tangan membentuk irama
4.
Memainkan alat musik
5.
Melukis dengan alat dan bahan
bervariasi
|
PROGRAM LAYANAN KESEHATAN DAN GIZI ANAK USIA DINI
USIA 1—2 TAHUN
No
|
Aspek Layanan
|
Indikator
Layanan
|
1
|
Gizi
seimbang
|
1.
ASI dan makanan keluarga dengan gizi
seimbang
2.
Pemberian kapsul vitamin A (warna
merah 2 X setahun)
|
2
|
Deteksi
pertumbuhan anak
|
1.
Timbang berat badan setiap bulan
secara teratur dan ukur tinggi badan. Hasilnya dapat dimasukkan pada KMS,
lalu lihat garis pertumbuhannya.
2.
Deteksi kemampuan minum sendiri dari
gelas yanpa tumpah
3.
Deteksi kemampuan mencorat-coret
dengan alat tulis (18—22 bulan)
4.
Deteksi kemampuan berjalan anak
5.
Memandikan anak dengan benar
6.
Kebersihan lingkungan anak
7.
Perawatn gigi
8.
Pemeriksaan gigi dan mulut
|
3
|
Deteksi
dini pertumbuhan anak
|
1.
Pengamanan lingkungan anak
2.
Pertolongan pertama pada kecelakaan
3.
Imunisasi MMR dan DPT
4.
Deteksi gejala penyakit anak
5.
Penanganan hipotemi dan hiperpireksia
|
PROGRAM LAYANAN KESEHATAN DAN GIZI ANAK USIA DINI
USIA 2--3 TAHUN
No
|
Aspek Layanan
|
Indikator
Layanan
|
1
|
Gizi
seimbang
|
1.
Makanan keluarga dengan gizi seimbang
2.
Biasakan makan sayur dan buah
3.
Pemberian kapsul vitamin A (warna
merah 2 X setahun)
|
2
|
Deteksi
pertumbuhan anak
|
1.
Timbang berat badan setiap bulan
secara teratur dan ukur tinggi badan. Hasilnya dapat dimasukkan pada KMS,
lalu lihat garis pertumbuhannya.
2.
Deteksi kemampuan berdiri sendiri dengan
satu kaki tanpa berpegangan dan melepas pakaian sendiri (24—36 bulan)
3.
Deteksi kemampuan keseimbangan (24—36 bulan)
4.
Deteksi keseimbangan koordinasi otak,
mata dan gerakan
5.
Anak mandi dengan benar
6.
Kebersihan lingkungan anak
7.
Perawatn gigi
8.
Pemeriksaan gigi dan mulut
|
3
|
Deteksi
dini pertumbuhan anak
|
1.
Pengamanan lingkungan anak
2.
Pertolongan pertama pada kecelakaan
3.
Deteksi gejala penyakit anak
4.
Penanganan hipotemi dan hiperpireksia
|
PROGRAM LAYANAN KESEHATAN DAN GIZI ANAK USIA DINI
USIA 3--4 TAHUN
No
|
Aspek Layanan
|
Indikator
Layanan
|
1
|
Gizi
seimbang
|
1. Makanan keluarga dengan gizi seimbang
2. Biasakan
makan sayur dan buah
3. Pemberian
kapsul vitamin A (warna merah 2 X setahun)
|
2
|
Deteksi
pertumbuhan anak
|
1.
Timbang berat badan setiap bulan
secara teratur dan ukur tinggi badan. Hasilnya dapat dimasukkan pada KMS,
lalu lihat garis pertumbuhannya.
2.
Deteksi kemampuan keseimbangan (36--48
bulan)
3.
Deteksi keseimbangan koordinasi otak,
mata dan gerakan
4.
Anak mandi dengan benar
5.
Kebersihan lingkungan anak
6.
Perawatn gigi
7.
Pemeriksaan gigi dan mulut
|
3
|
Deteksi
dini pertumbuhan anak
|
1.
Pengamanan lingkungan anak
2.
Pertolongan pertama pada kecelakaan
3.
Deteksi gejala penyakit anak
4.
Penanganan hipotemi dan hiperpireksia
|
PROGRAM LAYANAN KESEHATAN DAN GIZI ANAK USIA DINI
USIA 4--5 TAHUN
No
|
Aspek Layanan
|
Indikator
Layanan
|
1
|
Gizi
seimbang
|
1.
Makanan
keluarga dengan gizi seimbang
2.
Biasakan makan sayur dan buah
3.
Pemberian kapsul vitamin A (warna
merah 2 X setahun)
|
2
|
Deteksi
pertumbuhan anak
|
1.
Timbang berat badan setiap bulan
secara teratur dan ukur tinggi badan. Hasilnya dapat dimasukkan pada KMS,
lalu lihat garis pertumbuhannya.
2.
Deteksi kemampuan keseimbangan (48--60
bulan)
3.
Deteksi keseimbangan koordinasi otak,
mata dan gerakan
4.
Anak mandi dengan benar
5.
Kebersihan lingkungan anak
6.
Perawatn gigi
7.
Pemeriksaan gigi dan mulut
|
3
|
Deteksi
dini pertumbuhan anak
|
1.
Pengamanan lingkungan anak
2.
Pertolongan pertama pada kecelakaan
3.
Deteksi gejala penyakit anak
4.
Penanganan hipotemi dan hiperpireksia
|
PROGRAM LAYANAN KESEHATAN DAN GIZI ANAK USIA DINI
USIA 5--6 TAHUN
No
|
Aspek Layanan
|
Indikator
Layanan
|
1
|
Gizi
seimbang
|
1.
Makanan
keluarga dengan gizi seimbang
2.
Biasakan makan sayur dan buah
3.
Pemberian kapsul vitamin A (warna
merah 2 X setahun)
|
2
|
Deteksi
pertumbuhan anak
|
1.
Timbang berat badan setiap bulan
secara teratur dan ukur tinggi badan. Hasilnya dapat dimasukkan pada KMS,
lalu lihat garis pertumbuhannya. Lihat apakah anak termasuk gemuk, normal,
kurus dan sangat kurus.
2.
Deteksi kemampuan keseimbangan (60--72
bulan)
3.
Deteksi keseimbangan koordinasi otak,
mata dan gerakan
4.
Anak mandi dengan benar
5.
Kebersihan lingkungan anak
6.
Perawatn gigi
7.
Pemeriksaan gigi dan mulut
|
3
|
Deteksi
dini pertumbuhan anak
|
1.
Pengamanan lingkungan anak
2.
Pertolongan pertama pada kecelakaan
3.
Deteksi gejala penyakit anak
4.
Penanganan hipotemi dan hiperpireksia
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar